06 Oktober, 2008

Pengembangan SIMRS

Dalam pengembangan SIMRS, perlu dilihat beberapa aspek, antara : jenis-jenis pelayanan RS, unit-unit pelayanan yang ada dan prosedur tetapnya, SDM dan Budaya Kerja, organisasi dan tata kerja RS, tipe RS, dll.
Secara umum pelayanan RS meliputi, antara lain : pelayanan administrasi, pelayanan medis,pelayanan penunjang medis dan non medis, pelayanan diklat dan litbang, pelayanan informasi.

Unit-unit pelayanan RS, antara lain :
1. Pelayanan Administrasi, terdiri dari pendaftaran dan pembayaran;
2. Pelayanan Medis, terdiri dari gawat darurat, rawat jalan, rawat inap, tindakan / operasi;
3. Pelayanan Penunjang Medis, terdiri dari Laboratorium, Radiologi, Farmasi/apotik, dan Rehabilitasi Medik;
4. Pelayanan Penunjang Non Medis, terdiri dari Gizi, Loundry, Pemeliharaan Sarana RS, dll;
5. Pelayanan Diklat dan Litbang;
6. Pelayanan Informasi, baik internal maupun eksternal.

A. Pelayanan Administrasi
1. Pendaftaran pasien

3. Pelayanan Penunjang Medis
c. Farmasi
Ruangan distribusi / pelayanan kegiatan farmasi rumah sakit, meliputi :
a. Ruangan distribusi untuk pelayanan rawat jalan (apotik), di dalamnya ada ruangan khusus / terpisah untuk penerimaan resep dan persiapan obat;
b. Ruangan distribusi untuk pelayanan rawat inap (satelit farmasi);
c. Ruangan distribusi untuk melayani kebutuhan ruangan, di dalamnya terdapat ruang khusus / terpisah dari ruang penerimaan barang dan penyimpanan barang, dan dilengkapi kereta dorong trolley.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar